5 Negara Dengan Tentara Cyber Terkuat



5 Negara Dengan Tentara Cyber Terkuat [ www.BlogApaAja.com ]


@

- Perang antar negara di era modern tidak semata melibatkan persenjataan berat. Namun juga serangan

cyberyang dampaknya tidak bisa dipandang remeh.

Beberapa negara memang sangat serius mengembangkan kapabilitas pertahanan maupun serangan

cyber-nya. Anggaran besar pun dikucurkan dan para hacker berbakat direkrut.

China

5 Negara Dengan Tentara Cyber Terkuat [ www.BlogApaAja.com ]

Tentara

cyber

China kabarnya dimobilisasi oleh People"s Liberation Army dan juga melibatkan masyarakat sipil. Amerika Serikat sendiri sangat waspada terhadap kekuatan

cyberChina.

"Dengan begitu majunya kapabilitas operasi cyber China saat ini, mereka bisa menggunakannya untuk melakukan bermacam serangan

cyberyang tak bisa dibalas Amerika, bahkan mungkin juga tidak bisa dideteksi," demikian pernyataan US-China Economic and Security Review Commission.

Amerika Serikat

5 Negara Dengan Tentara Cyber Terkuat [ www.BlogApaAja.com ]


Inggris

5 Negara Dengan Tentara Cyber Terkuat [ www.BlogApaAja.com ]


Inggris juga serius mempersiapkan amunisi perang di dunia maya. Belum lama ini, negeri kerajaan itu mendirikan lembaga khusus bernama Research Institute in the Science of Cyber Security (RISCC).

Organisasi baru ini menghimpun para pakar ilmu sosial, matematika dan ilmu komputer dari berbagai universitas terkemuka di Inggris. Mereka akan bersatu mencari solusi untuk menghadang ancaman cyber yang ditujukan ke Inggris.

Inggris juga sering mengadakan program pelatihan bernama Cyber Security Challenge. Program ini melatih para hacker agar mampu menghadapi tantangancybermasa depan.

Organisasi intelijen Inggris MI6 juga gencar melakukan serangancyber. Mereka tercatat pernah membobol website milik Al Qaeda.

India

5 Negara Dengan Tentara Cyber Terkuat [ www.BlogApaAja.com ]


India juga cukup sering dilanda ancamancyber. Tak tanggung-tanggung , mereka pun memperkuat diriantara lain dengan melatih sekitar 500 ribu pakar komputer.

"Kami harus melindungi sistem kritikal di pemerintahan maupun di sektor swasta yang penting seperti perbankan dan telekomunikasi," kata Kamlesh Bajaj, Data Security Council of India.

India memang menghadapi berbagai serangancyberyang cukup masif. Sebagian di antara serangan tersebut berasal dari China.

Tentara cyber India juga cukup aktif melancarkan serangan di saat-saat tertentu. Di antaranya ke Pakistan yang meskipun tetangga dekat, kerap berselisih dengan India.

Rusia

5 Negara Dengan Tentara Cyber Terkuat [ www.BlogApaAja.com ]


Sebagai negara kuat, Rusia juga punya kapabilitascyberyang tidak bisa dipandang remeh. Mereka punya lembaga khusus pertahanancyber, seperti Russian Cyber Forces.

TentaracyberRusia diduga kuat pernah melakukan serangan hebat ke Estonia pada tahun 2008. Ketika itu, website penting di Estonia banyak yang tumbang dan mengganggu jalannya negara.

Anggaran yang disediakan Rusia untuk pertahanan cyber diestimasi sebesar USD 127 juta pada tahun 2008. Tentu jumlahnya meningkat pada saat ini.

Dan setidaknya 7.300 pakar internet dan komputer telah dihimpun untuk memperkuat kapabilitascyberNegeri Beruang Merah tersebut.

Follow On Twitter