6 Taman Batu Paling Unik Di Dunia



Peristiwa alam yang terjadi di bumi, terkadang menimbulkan bekas yangsangat unik. Seperti halnya taman batu yang terbentuk karena peristiwa alamhingga memiliki formasi dan bentuk yang lucu. Penasaran?

Banyak kumpulan batu yang muncul di bumi secara misterius, seperti tamanbatu di Pulau Paskah dan Stonehenge di Inggris. Namun, di belahan dunia lainternyata juga punya taman batu dengan susunan yang unik dan lucu.

Jalan-jalan yuk, ke 6 taman batu paling unik di dunia yangdetikTravel kumpulkan :

1. Yeliu Geopark, Taiwan



6 Taman Batu Paling Unik Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Kawasan seluas 1.700 meter persegi ini berada di Kota Wanli, Taiwan.Pada umumnya, laut memiliki pantai dengan hamparan pasir yang luas. Namun diYeliu Geopark, seluruh permukaan pantainya dipenuhi oleh bebatuan denganberagam bentuk.

Batu-batu unik di Yeliu Geopark terbentuk karena angin dan erosi lautselama ratusan bahkan ribuan tahun. Beberapa bagian batu jadi berlubang danmemiliki bentuk dengan nama-nama yang aneh.

Ya, aneh tapi lucu! Salah satu yang paling terkenal adalah batu denganbentuk kepala ratu yang menggunakan mahkota. Batu tersebut terbentuk hinggabagian leher. Selain itu, juga ada yang berbentuk jahe, gajah, sarang madu,tofu, dan bentuk-bentuk lucu lainnya.

2. Table Mountain, Afrika Selatan



6 Taman Batu Paling Unik Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Berbeda dengan puncak gunung yang berbentuk kerucut, sesuai dengannamanya Table Mountain justru berbetuk datar seperti meja. Gunung batu yangjuga menjadi ikon Afrika Selatan ini terletak di Kota Cape Town.

Wisatawan bisa menikmati panorama laut yang cantik serta mengintipaktivitas Kota Cape Town. Tak jarang struktur yang unik menarik perhatian parapecinta panjat tebing.

Keberadaan Table Mountain yang diperkirakan sudah ada sejak 6 juta tahunsilam ini pun dianggap sebagai pintu gerbang Afrika Selatan. Oleh sebab itu,banyak traveler yang memasukan Table Mountain ke dalam agenda kunjungan saatberada di Afrika.

3. Wave Rock, Australia



6 Taman Batu Paling Unik Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Berlokasi di Cagar Alam Hyden Wildlife Park, Australia Barat, terdapattaman batu yang sangat lucu. Wave Rock yang berarti ombak batu ini memilikibentuk yang mengundang decak kagum dari setiap orang yang melihat.

Wave Rock ini benar-benar seperti ombak yang siap menyerbu seluruhdaratan di sekitarnya. Tinggi "ombak batu" ini sekitar 14 meter dengan panjang110 meter. Bila datang pada bulan September, Anda bisa sekaligus menyaksikanacara musik bertajuk Wave Rock Music Festival.

4. Pasabag, Turki



6 Taman Batu Paling Unik Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Formasi batuan vulkanis ini berbentuk menyerupai pilar-pilar bangunandengan puncak berbentuk seperti jamur. Taman batu ini berada di Lembah Pasabag,Turki.

Setiap harinya, banyak wisatawan yang datang berkunjung dan menikmatipanorama unik dari batu-batu ini. Puluhan batu di taman ini memiliki besar danukuran yang berbeda-beda.

Batu-batu ini ada yang satuan tapi juga ada yang berkelompok ataumenumpuk. Bahkan dalam batu-batu yang berkelompok memiliki bentuk seperticerobong asap. Uniknya lagi, di dalam taman batu ini juga ada gereja kuno.

5. Batu Angus, Indonesia



6 Taman Batu Paling Unik Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Berada di belahan timur Indonesia, terdapat taman Batu Angus. Beradatepat di Ternate, Maluku Utara, Batu Angus menjadi salah satu target destinasiwisata.

Dinamakan Batu Angus karena lava-lava beku ini memiliki warna yang hitamkelam. Selintas batu ini memang biasa saja, tapi bila melihatnya secarakeseluruhan Anda bisa melihat keindahan lain dari kumpulan batu-batu ini.

Tidak hanya karena warnanya yang hitam, bentuk-bentuknya yang unik danterkesan tidak beraturan menjadi daya tarik yang memukau. Apalagi, dengan latarbelakang Gunung Gamalama, membuat pesona keindahannya semakin sempurna.

6. The Giant"s Causeway, Irlandia Utara



6 Taman Batu Paling Unik Di Dunia [ www.BlogApaAja.com ]

Satu lagi taman batu yang memiliki formasi dan bentuk yang unik adalahThe Giant"s Causeway di Irlandia Utara. Keunikan bentuk taman batu ini punsudah terdaftar dan dilindungi sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Batu-batu ini berbentuk seperti kolom-kolom batu yang berdiri tegakdengan ketinggian berbeda. Lebih dari 40.000 kolom batu ini terlihatberkelompok dan hanya bagian atasnya saja yang terlihat. Di lokasi ini,wisatawan bisa berjalan di atas susunan batu yang berada di atas laut.

Berjalan di atas taman-taman batu ini bisa menjadi pengalaman yang takakan terlupakan. Anda bisa menyaksikan keindahan lain dari bumi ini.


Follow On Twitter